Senin, 09 Oktober 2017

e-Commerce, e-Business

E-commerce bisa disebut juga Perdagangan elektronik, E-commerce adalah Proses atau transaksi jual-beli serta pengiriman/pertukaran barang/jasa melalui jaringan komputer termasuk internet. E-commerce merupakan bagian dari E-business.
E-business adalah pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.
·         Strategi e-Business pada perusahaan
Adapun konsep atau strategi yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan e-business dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yang diantaranya sebagai berikut:
1.      ERP (Enterprise Resource Planning)
Merupakan strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan yang dapat digunakan untuk berkoordinasi mengenai sumber daya dan informasi yang digunakan untuk proses dalam berbisnis.
2.      b. EAI (Enterprise Application Programs)
Merupakan strategi bisnis menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan dapat bertukar informasi.
3.      c. CRM (Customer Relationship Management)
Merupakan strategi bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di desain untuk meningkatkan keuntungan dan kepuasan para konsumen.
4.      d. SCM (Supply Chain Management)
Merupakan strategi manajemen mengenai rantai suplai yang secara otomatis akan terkomputerisasi.
Tujuan dari e-Business dan e-Commerce adalah untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data sumber daya manusia, keuangan, dan Logistic Management. Selain itu juga berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi publik.
Jenis-jenis aktivitas bisnis :
1.      Perolehan / pemasokan bahan baku / jasa
2.      Produksi barang / jasa
3.      Pendistribusian barang / jasa kepada konsumen
4.      Transaksi jual-beli
5.      Pemasaran
6.      Pelayanan
7.      Kegiatan operasional dan manajerial di internal perusahaan
8.      Pembinaan hubungan baik dengan para stakeholders
9.      Pembelajaran bisnis 

E-business maupun e-commerce sebagai media transaksi lebih banyak dilakukan melalui internet umum, selain itu, dilakukan pula melalui:
         Jejaring khusus atau jejaring privat (private network) value-added networks (VAN) yaitu jejaring yang menyediakan layanan-layanan komunikasi data yang diberikan oleh pihak ketiga sebagai penyedia jejaring untuk persahaan-perusahaan yang membutuhkan.
         Local area network (LAN) untuk radius 100m-2km (tergantung kualitas kabel atau kekuatan sinyal 
         Metropolitan area network (MAN) untuk radius 10km-50km
         Wide Area Network (WAN) untuk skala luas antar kota, pulau,propinsi, negara memakai jejaring nonkabel/nirkabel (wireless)
Manfaat dari e-Commerce adalah sebagai berikut :
1.      Mempermudah promosi dan pemasaran barang atau jasa
2.      Pembayaran yang mudah untuk dilakukan secara online
3.      Lebih efektif dari segi waktu
4.      Mempermudah komunikasi antara konsumen dan produsen
5.      Mempermudah kegiatan perdagangan
Jenis-jenis transaksi e-business dan e-commerce :
·         Business-to-business (B2B)
·         Collaborative commerce (c-commerce)
·         Business-to-consumers (B2C)
·         Consumers-to-businesses (C2B)
·         Consumer-to-consumer (C2C)
·         Intrabusiness (intraorganizational) commerce atau Business to Employees (B2E)
Government-to-citizens (G2C) atau E-Government
·         Mobile commerce (m-commerce)
Masalah manajerial dalam e-business dan e-commerce :
         Penerapan electronic commerce berdampak perubahan yang fundamental/cukup besar pengaruhnya bagi perusahaan karena banyak mengubah cara-cara bisnis yang biasanya dilakukan secara konvensional/tidak online. Hal ini dapat saja membuat sejumlah organisasi enggan melakukan perubahan untuk juga menyelenggarakan e-commerce disamping bisnis yang konvensional.
         e-commerce memerlukan pengembangan sistem informasi menjadi terintegrasi.
         Kekurangannya tenaga ahli atau tenaga pelaksana yang memiliki keahlian untuk pengoperasian e-Commerce.
Sumber :
http://redsnow-redsnow.blogspot.co.id/2012/11/tujuan-dan-manfaat-e-business-dan-e.html
https://yuliatwn.wordpress.com/2015/11/20/e-commerce-dan-e-business/
http://ragprido.blogspot.co.id/2015/05/e-bisnis-dan-e-commerce.html
http://www.pengertianku.net/2016/06/pengertian-e-business-dan-contohnya.html

0 komentar:

Posting Komentar